Selasa, 20 Februari 2018

Kegagalan mendorong anda intropeksi diri

    Setiap hal yang terjadi di kehidupan ini, pasti terdapat hikmah didalamnya.Tak terkecuali kegagalan.Ada banyak pelajaran yang dapat kita petik dari kegagalan. Kegagalan dapat dijadikan sebagai bahan intropeksi diri. Ketika anda mengalami kegagalan, apakah ada sesuatu yang salah? jawabannya:benar, memang ada yang salah.Nah, ketika anda sudah sepakat dengan itu,bahwa memang ada yang salah dengan langkah yang anda buat, maka selanjutnya yang muncul adalah kesadaran untuk intropeksi, mencari apa dan bagaimana kesalahan itu terjadi
      Dari proses intropeksi diri ini, anda akan tampil sebagai pribadi yang lebih matang dan dewasa dari sebelumnya. Anda akan lebih siap menghadapi segala kesulitan yang menghadang di masa datang. Kegagalan membuahkan pengalaman. Semakin banyak kegagalan yang anda alami, semakin pengalaman yang anda serap.Dari situ, keberanian akan muncul. Anda akan semakin berani melangkah, berani mengambil risiko demi mencapai kesuksesan.
      Dalam konteks kehidupan, kita semua pasti sangat akrab dengan istilah risiko.ya, bias dikatakan bahwa kehidupan itu sendiri adalah risiko. Artinya, apa pun yang ada dalam setiap episode hidup kita ini selalu mengandung risiko.Risiko adalah tantangan.Berani sukses harus diiringi dengan sebuah tantangan yang penuh dengan risiko. Tidak ada jalan ajaib bagi kita untuk dapat menghindari risiko dalam hidup.

4 komentar: